Home / SOSOK / Agus Guntoro , Pegiat Lingkungan, Desa dan Radio Komunitas

Agus Guntoro , Pegiat Lingkungan, Desa dan Radio Komunitas

loading...

Tak banyak orang yang mau menggeluti kegiatan sosial kemasyarakatan karena alasan kesibukan kerja. Tetapi, Agus Guntoro malah memilih aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan. Tak tanggung-tanggung, ayah dari Febri Nur Guntoro dan Afan Nouval Algifari ini aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan, pemberdayaan desa dan mengelola radio komunitas.

Agus Guntoro pernah merasakan kerasnya hidup diperantauan dengan bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu dan pabrik baja. Pria yang pernah menjabat Sekretaris Desa Hanura ini juga pernah menjadi pegiat organisasi buruh semasa bekerja di pabrik.

Di Kecamatan Teluk Pandan, Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Agus Guntoro di kenal sebagai pegiat pelestarian lingkungan. Di 3 Kecamatan tersebut, Agus Guntoro dikenal sebagai pegiat yang getol mendorong petani di pinggir kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdur Rahman (Tahura WAR) untuk berorganisasi, menghijaukan hutan dan mencegah petani menebang kayu di hutan. Agus Guntoro juga dikenal sebagai orang yang getol mendorong sistem pengelolaan hutan dengan konsep Sistem Hutan Kerakyatan (SHK).

Agus Guntoro yang juga aktif dalam Gerakan Desa Membangun (GDM), giat melakukan diskusi dan peningkatan kapasitas perangkat desa di Kecamatan Teluk Pandan, Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Way Ratai, Pesawaran. Atas dedikasi dan kerjanya, Desa Hanura menjadi desa pertama di Lampung yang memiliki website desa. Kini dan ikut membawa Desa Hanura menjadi juara nasional Lomba Desa tahun 2016. Agus juga mendedikasikan dirinya untuk mendirikan komunitas dedemIT (Desa-Desa Melek Informasi dan Teknologi) Lampung yang bersinergi dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK).

Dalam bidang media, Sekretaris Umum Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL) ini adalah pendiri radio komunitas dengan nama Radio Gema Lestari (RGL) FM. Agus Guntoro aktif bersiaran di RGL FM dengan nama udara Den Bagus.

Karena aktivitasnya di bidang media komunitas dan website desa, Agus Guntoro diundang menjadi anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung pada tahun 2015 lalu. Sejak tahun 2013, Agus Guntoro aktif melakukan kegiatan jurnalisme warga di website Desa Hanura dan RGL FM.

Agus Guntoro yang juga Ketua SHK Lestari ini kerap mendapat protes dari istri dan anaknya karena kegiatan sosial kemasyarakatan. Namun, Agus Guntoro berhasil meyakinkan istri dan anaknya bahwa keluarga adalah nomor 1 untuknya. Walaupun aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan, Agus Guntoro selalu mencukupi kebutuhan keluarganya dan menyempatkan diri untuk berbagi waktu untuk keluarganya.

Dengan moto hidup “Rubahlah Keinginan dengan Perbuatan”, Agus Guntoro tak pernah berharap pamrih atas segala kegiatan sosial kemasyaratan yang dilakukannya. Baginya, di saat orang lain merasa terbantu karena aktivitasnya, di saat itulah kebahagian hidup Ia raih.
( lampungkita ) 

Related Post

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *